Pengertian ERP (Enterprise Reource Planning)
Pengertian ERP (Enterprise Reource Planning)

Pada jaman sekarang istilah ERP pasting sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Banyak perusahaan yang awalnya masih menggunakan cara manual untuk proses bisnisnya sekarang perlahan-lahan sudah mulai beralih menggunakan sistem digitalisasi untuk proses bisnisnya.

Lalu apa itu ERP?

ERP (Enterprise Resource Planning) adalah sebuah software/perangkat lunak yang berfungsi untuk mengelola dan mengintegrasikan berbagai aktivitas operasional dalam sebuah perusahaan. ERP menyediakan platform yang terintegrasi sepenuhnya dan intuitif dimana kita dapat menganalisis, memantau dan melakukan sebagian besar tugas yang digerakkan oleh data. ERP mengumpulkan, menyimpan dan menganalisis data di semua departemen sehingga memudahkan kita untuk menerima infrmasi dari setiap departemen.
Tanpa ERP, setiap departemen akan memiliki sistem dioptimalkan untuk tugas-tugas spesifiknya. dengan adanya ERP memungkinkan berbagai departemen untuk berbagi informasi dan berkomunikasi dengan bagian perusahaan lain dengan mudah.

Nikmati keuntungan dalam mengelola proses bisnis dengan software ERP.

Adapun keuntungannya yaitu:

1. Keakuratan Data dan Terintegrasi

Perubahan data di satu bagian, akan memengaruhi pencatatan di bagian terkait lainnya. Misalnya, bagian penjualan memperbarui data penambahan penjualan produk, maka otomatis persediaan di gudang juga berkurang, dan penerimaan akan tercatat di bagian keuangan.

2. Standarisasi Proses Operasi

Menstandarkan proses operasi melalui implementasi best practice sehingga terjadi peningkatan produktivitas, penurunan inefisiensi dan peningkatan kualitas produk.

3. Lebih Efisien dan Prduktif 

Perusahaan dapat menghemat biaya operasional yang tidak perlu, dan menekan biaya proses bisnis. Selain biaya, software ERP juga menyingkat waktu sehingga karyawan lebih produktif. Salah satunya yaitu bisa meningkatkan efisiensi pada aktivitas rutin harian. Aktivitas tersebut meliputi pemesanan, pengiriman, kinerja pemasok, dan juga realisasi penjualan. Berkat software ERP terbaik, waktu penjualan ke kas maupun pembayaran ke pemasok bisa lebih dipersingkat.

4. Perencanaan dan Management yang Terkontrol

Sistem ERP akan menyajikan beragam data dari unit bisnis yang berbeda-beda secara sistematis, komprehensif, real-time, dan mudah dalam aksesnya. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam melakukan pemantauan dan pengendalian atas proses bisnis Anda.

5. Meminimalisir Kesalahan Data

Bisa meminimalisir kesalahan yang diakibatkan oleh human error. Kesalahan pengetikan data dan juga duplikat data tersebut bisa diminimalkan. Struktur database yang terpusat ini juga akan membuat administrasi maupun keamanan bisa menjadi lebih baik untuk menghindari kehilangan data yang lebih penting

Sudahkah Anda menggunakan Software ERP pada bisnis Anda?

atau masih bingung ingin implementasi software ERP yang seperti apa, Silahkan konsultasikan bersama kami, PT Delta Solusi Nusantara adalah salah satu perusahaan yang menyediakan solusi ERP untuk memudahkan proses bisnis untuk perusahaan Anda.

Odoo Helpdesk